Tips agar menjadi manusia produktif

0
926

 

“WAKTU TIDAK PERLU DIATUR. DIRI KITA YANG HARUS DIATUR !”

Waktu sangat disiplin, otomatis bergerak tanpa perlu dibentak atau diancam mau dipecat atau dipecut, jadi kita tidak usah report-repot untuk mengatur waktu. Jadi fokusnya harus jelas, dan yang perlu di atur adalah diri kita, yaitu aktivitasnya.

Agar lebih produktif (menghasilkan lebih banyak) dalam satu hari, maka hal berikut ini yang harus Anda lakukan :

#1 : Punya tujuan yang jelas (harian, mingguan, bulanan, tahunan, dst), sehingga apa yang Anda lakukan selalu lebih mendekatkan diri Anda ke tujuan yang ingin di raih. Tanpa tujuan yang jelas, maka Anda akan berlari di tempat. Hanya capek/lelah yang di dapat, tapi hasil NOL.
#2 : Susun program kerja berdasarkan prioritas, aktivitas harian, yang berfungsi sebagai panduan untuk diikuti (bukan disusun untuk dilanggar ya) dalam mengarahkan seluruh energi menuju tujuan yang telah ditetapkan di atas.keputusan
#3 : Terkadang saat melakukan aktivitas, bisa terjadi interupsi dari lingkungan kerja, misalnya seseorang meminta bantuan Anda melakukan sesuatu yang tidak ada dalam daftar rencana aktivitas yang telah disusun sebelumnya. Untuk menghadapi situasi seperti ini, lakukan proses pengujian STEP1 : tanyakan diri Anda apakah dengan melakukan aktivitas dadakan ini akan semakin mendekatkan Anda ke tujuan yang ingin Anda raih ? Jika jawabannya YA, maka ambil pilihan (choice) 1 yaitu Action (Lakukan), sebaliknya jika jawabannya TIDAK, maka ambil pilihan (choice) 2 yaitu tidak usah dilakukan.
#4 : Lakukan apa yang dapat Anda lakukan saat ini, karena menunda hanya akan membuat pekerjaan menumpuk.
#5 : Jika memiliki asisten atau tim, delegasikan aktivitas bersifat administratif yang mampu mereka lakukan.
#6 : Batasi waktu buka email (termasuk membatasi SMS-an, Chat, Browsing, dan update social media),  baca sepintas judul email (perihal), lewati jika tidak memberikan manfaat dalam menunjang aktivitas Anda.
#7 : Jika sedang penat (letih bekerja), stop sementara sekitar 10 sd 15 menit lalu lanjutkan kembali.

Kebiasaan di atas, asalkan ada komitmen, disiplin dan konsisten melakukannya, maka dalam waktu 3 bulan Anda pasti menjadi manusia yang lebih produktif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here