Mau punya bisnis pribadi ? Ini caranya

4
1759
Memulai bisnis pribadi

Banyak orang ingin memiliki bisnis pribadi, namun banyak juga orang yang sudah mengatakannya tahun lalu tapi sampai hari ini belum memulainya. Ada banyak alasan, diantaranya yang paling sering di dengar adalah tidak punya modal, tidak punya pengalaman, takut bangkrut, tidak tahu cara mulainya, dan masih banyak lagi alasan lainnya.

Ketahuilah satu hal bahwa semua bisnis yang kita lihat sudah sukses hari ini selalu ada HARI PERTAMA bagi mereka, dan keterbatasan / kekhawatiran di atas yang Anda pikirkan / khawatirkan juga pernah terlintas sebelum orang tersebut sukses membangun bisnis pribadi. Namun ada kesamaan langkah mereka dalam membangun bisnis pribadi sehingga menjadi sukses, dan berikut ini adalah urutan langkahnya :

  1. Aku tahu apa yang ku mau. Anda harus jelas apa yang diinginkan dari bisnis ini ? Mengapa Anda ingin melakukan bisnis ini ? Apakah ingin punya kebebasan uang ? Agar nanti punya waktu lebih banyak dengan keluarga ? Apakah ini sesuai dengan panggilan hati untuk menolong hidup banyak orang ? Ketika Anda benar-benar punya impian dan alasan mengapa harus mempunyai bisnis ini, maka Anda pasti berusaha mencari jawaban untuk mengatasi keterbatasan Anda dalam membangun suatu bisnis, baik sebelum memulai ataupun saat sedang menjalankannya.
  2. Tentukan ide utama bisnis Anda. Seperti apakah bisnis yang akan dibangun dan apa ide unik yang ditawarkan dan berbeda dengan kompetitor di bidang yang sejenis. Pastikan Anda bisa memberikan solusi lebih mudah, lebih cepat, lebih murah, lebih fleksibel, dan lebih berkualitas. Initinya solusi bisnis Anda harus lebih menarik di banding competitor, di benak calon pelanggan.
  3. Legalitaskan bisnis Anda. Daftarkan nama, logo perusahaan / produk / jasa. Tentukan bentuk badan hukum perusahaan yang akan Anda bangun apakah perusahaan perorangan, partnership (CV), atau perseroan terbatas (PT). Ini adalah untuk melindungi jerih payah ide kreatif Anda dari pembajakan hak cipta / merek. Untuk memastikan bisnis Anda terlindungi secara hukum dan menghindari kerugian karena hukum, maka meminta pendapat dari orang di sekitar Anda yang mengerti tentang hukum adalah langkah awal yang terbaik.
  4. Rencana Bisnis. Anda harus memiliki kalender aktivitas bisnis mencakup :
    1. Agenda waktu, tentukan dengan jelas kapan target waktu pelaksanaan tahap perencanaan, kapan mulai menjalankan aktivitas operasional, dan kapan dilakukan review
    2. Penyusunan struktur organisasi dan kebutuhan sumber daya manusia
    3. Susun proyeksi laporan keuangan, khususnya tentang dari mana sumber pendanaan, rencana investasi, produk atau jasa seperti apa yang menghasilkan omzet, biaya apa saja dan berapa besar yang dikeluarkan untuk memperoleh omzet tersebut.
  5. Mendanai Bisnis Anda. Di tahap ini sudah jelas berapa jumlah dana investasi yang dibutuhkan untuk menjalankan kegiatan operasional. Kalau semua pendanaan adalah bersumber dari dana tunai pribadi pastikan jangan sampai mengganggu biaya hidup sehari-hari. Jika sumber pendanaan dari pihak lain, maka pastikan Anda bisa meyakinkan si investor atau kreditur dengan menyampaikan rencana di point 4 yang menunjukkan kemampuan bisnis menghasilkan keuntungan, bisa mengembalikan bunga dan pokok hutang.
  6. Kegiatan setup tempat usaha. Tahap perencanaan telah selesai, dana telah tersedia dan siap digunakan. Kini tentukan lokasi bisnis (baik beli atau sewa), instalasi peralatan yang dibutuhkan, jaringan komunikasi, acara peluncuran bisnis, cetakan brosur tentang bisnis, produk / jasa Anda (jika mencantumkan harga jual, pastikan kompetitif). Dalam tahap ini pastikan agar memberikan kemudahan bagi setiap orang untuk menghubungi dan melakukan bisnis dengan Anda.
  7. Review. Bisnis adalah suatu proses, baik bisnis masih baru atau sudah lama berjalan selalu mengalami pasang surut dan tantangan. Terlebih jika ini adalah hal baru bagi Anda, maka monitor kegiatan bisnis secara harian harus merupakan agenda utama Anda. Dituntut kesabaran dan ketenangan dalam merespon hasil bisnis. Seiring dengan berjalannya waktu, dengan pengalaman yang diperoleh, maka keputusan bisnis yang Anda ambil juga akan menjadi lebih baik.

Memiliki bisnis pribadi adalah selalu sangat menyenangkan, karena Anda memiliki kebebasan dalam menentukan, dan yang terpenting… Anda lakukan ini untuk mewujudkan impian Anda dan keluarga, bukan impian orang lain. Jadi kapan waktu terbaik untuk menjadi kaya dari bisnis pribadi ?

Mau dapat penghasilan online ? Punya teman banyak di sosial media, website, atau blog ? Anda bisa mereferensikan produk secara online, bekerja dari rumah atau dari manapun juga, dan mendapatkan komisi ketika masyarakat klik link yang Anda sebarkan dan membeli produk yang Anda referensikan, salah satunya adalah menjadi partner afiliasi STRATEGI5.COM, untuk registrasi silahkan klik gambar di bawah ini :

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here