Kok Belum Kaya Sih ?

0
511

 

#1 : CEK SEKALI LAGI CARA BERPIKIR DAN BERTINDAK !”

Sudah berapa banyak Anda membaca artikel motivasi, ide-ide bisnis, mengunjungi website dengan topik tulisan cara menjadi kaya atau mendapat banyak uang ? Sudah berapa banyak profesi/bisnis/pekerjaan yang Anda lakukan ? Sudah berapa lama Anda mencoba semua upaya atau saran dari orang sekitar agar mendapatkan penghasilan lebih baik dari hari ini ? Kalau Anda sudah kaya (baik dalam arti punya banyak uang atau dalam arti lainnya yaitu sudah menemukan kebahagiaan hidup) maka saya ucapkan selamat, namun jika belum maka yang paling utama dan langkah paling awal yang harus Anda lakukan adalah cek sekali lagi mindset (pola atau cara pikir) Anda.

Saya dan tim wealthminar.com memberikan seminar cara mendesain kekayaan. Seperti biasa, sebelum seminar dimulai kami selalu menyempatkan diri berbincang santai dengan peserta seminar. Salah seorang Ibu yang hadir sebagai peserta seminar yang saya temui, mengeluhkan bahwa meski sudah berbisnis puluhan tahun, tapi masih saja mengalami masalah keuangan. Berikut ini cuplikan pembicaraan saya dengan Ibu tersebut :
Saya: “Uang dari hasil bisnis digunakan untuk apa saja ?”
IBU: “Saya gunakan untuk berbagai kebutuhan hidup, belanja, uang sekolah anak, dan lain-lain termasuk harus membayar cicilan pinjaman bank.”
Saya: “Apakah Ibu mau agar bisa punya uang ?”
IBU: “Ya, saya pasti mau lah. Memang caranya seperti apa ?”
Saya: “Sederhana, usahakan ada bagian uang yang Ibu simpan (alias ditabung) buat diri sendiri.”
IBU: “Wah, bagaimana bisa tabung, begitu banyak kebutuhan. Saya malah harus tambah pinjaman dari bank untuk tambah modal usaha”
Saya: “Kalau Ibu tetap melakukan hal yang sama seperti kemarin (kalau terus pinjam uang dan bayar bunga), maka tidak akan ada perubahan dalam hidup ini. Perubahan atas apa yang ingin kita dapatkan, harus di mulai dari adanya mengubah cara berpikir, mengubah cara mengelola bisnis, penghasilan, pengeluaran, sehingga nanti akhirnya dapat terlepas dari biaya-biaya yang tidak perlu, biaya hidup boros (hidup boros adalah akibat semua keinginan dianggap sebagai kebutuhan hidup)”
IBU: hanya tersenyum. Saya juga tersenyum.

Saya mau sampaikan bahwa saya adalah salah satu dari begitu banyak orang yang sudah merasakan hidup miskin, uang saya hanya cukup untuk makan dan minum (kebutuhan mempertahankan hidup lho !), saya sudah sangat amit-amit merasakan hidup jadi orang miskin. Oleh karena itu dengan hasrat yang menggebu-gebu saya ambil keputusan dan tindakan, harus memutuskan garis kemiskinan sekarang juga.  Saya katakan kepada diri saya, “punya penghasilan adalah awal yang bagus, bijak menggunakannya yang akan menentukan saya bisa punya uang atau tidak”. Lalu apakah saya langsung punya banyak uang ? Tidak, karena itu adalah sebuah proses, dan saya sudah melalui proses itu. Saya yakin Anda juga bisa !

Bapak/Ibu dan teman-teman, yang mau saya sampaikan adalah berapapun penghasilan yang Anda terima, akan selalu habis jika tidak bijak dalam menggunakan. Selalu ada bagian (terlepas dari sedikit ataupun banyak) uang yang dapat Anda simpan di tempat yang tepat sehingga uang itu dapat menghasilkan uang tambahan buat Anda dan keluarga. Janjilah pada diri Anda untuk melakukan hal bijak dalam menggunakan uang (semua jenis pengeluaran selalu ada yang bisa di hemat, pengalaman hidup saya dan pengamatan pribadi dari orang-orang yang saya kenal membuktikan hal itu), maka Anda pasti punya uang dan bertambah. Dijamin !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here