Ingin bisnis tapi tidak punya uang ? Coba ide-ide ini !

0
917

Modal uang bukanlah halangan bagi seseorang yang ingin mulai berbisnis. Punya sedikit modal atau bahkan tidak punya sama sekali, peluang selalu terbuka buat Anda untuk memulainya. Yang penting, Anda memiliki kemauan mengubah cara berpikir, bertindak, ada ketrampilan, etos kerja yang baik, dan pengetahuan cara memasarkan.

Ikuti saja beberapa ide berikut ini, jika Anda hanya punya sedikit uang atau bahkan sama sekali tidak punya uang.

1. Membuat sesuatu
Harta yang paling berharga sudah kita miliki yaitu waktu 24 jam sehari dan otak yang ada di kepala kita masing2 untuk dilatih berimajinasi. Gunakan 2 harta tersebut untuk menciptakan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat. Mungkin diperlukan sedikit modal untuk membuatnya, namun biasanya barang yang dihasilkan bernilai berkali lipat dari modal untuk membuat barang tersebut.

Beberapa jenis produk yang dapat anda buat untuk di jual misalnya :

  • Aneka jajanan anak2 sekolah, jajanan pasar, makanan tradisional atau minuman
  • Hasil kerajinan tangan dari bahan kertas, plastik atau kain yang sudah tidak digunakan
  • Boneka dan berbagai mainan anak-anak

2. Menjual barang jadi
Jika Anda berpikir buka termasuk orang yang punya ketrampilan atau cukup kreatif membuat / menciptakan produk, maka Anda bisa menemukan barang yang sudah jadi untuk di jual.

Ada banyak barang di sekitar Anda, yang bisa Anda jual tanpa harus punya modal untuk membelinya terlebih dahulu, tidak perlu stock, dan tidak perlu tempat menyimpannya, beberapa diantaranya :

  • Jual accessories, sepatu, pakaian, kue, bunga, dan yang lainnya secara online. Anda tinggal menemukan pembeli lalu melakukan order ke pemilik barang dan bekerjasama dengan perusahaan ekspedisi untuk dikirim langsung ke pembeli.
  • Punya barang-barang antik seperti keramik, sesuatu yang unik, CD penyanyi asli hasil rekaman zaman dahulu, lukisan asli pelukis terkenal, barang koleksi lainnya, intinya sesuatu yang dianggap bernilai oleh suatu kelompok masyarakat.

3. Memberikan jasa / layanan
Sama sekali tidak punya modal awal, maka Anda bisa menawarkan jasa layanan sesuai dengan ketrampilan, pengalaman dan hobi.

Beberapa jasa layanan yang dimaksud adalah :

  • Membantu proses administratif, pajak atau pembuatan laporan perusahaan, biasanya di sebut tax dan accounting services
  • Memberikan les bimbingan belajar buat anak-anak sekolah
  • Membantu saudara, teman, tetangga, siapapun yang ingin menjual rumah, apartemen, mobil atau harta lainnya

4. Menjadi Partner Afiliasi
Punya teman banyak di sosial media, website, atau blog ? Anda bisa mereferensikan produk secara online, bekerja dari rumah atau dari manapun juga, dan mendapatkan komisi ketika masyarakat klik link yang Anda sebarkan dan membeli produk yang Anda referensikan, salah satunya adalah menjadi partner afiliasi STRATEGI5.COM, untuk registrasi silahkan klik gambar di bawah ini :

Saat menghadapi kebutuhan modal awal untuk bekerja, gunakan beberapa ide berikut untuk menyiasatinya, sehingga Anda hanya membutuhkan modal dalam jumlah sedikit atau bahkan tidak perlu modal sama sekali, diantaranya :

  • Ajak saudara, teman atau tetangga kerjasama dengan sistem bagi hasil
  • Jika butuh media presentasi dan promosi, dapatkan dari sumber yang bisa sediakan dengan harga yang murah.
  • Jika membutuhkan suatu jenis alat kerja, maka Anda bisa barter yang barang lain yang Anda miliki atau jual suat barang untuk dapat modal dan beli barang baru yang Anda butuhkan untuk kerja.

Membangun sebuah bisnis perlu hasrat yang menggebu-gebu, dan semua akan lebih mudah jika ada seseorang yang sudah sukses di bidang tersebut dan memberitahukan Anda seluruh rahasianya. Pastikan bisnis itu harus selalu untung sejak awal dan jangan ada modal yang ditanamkan di dalamnya. Itulah sebabnya BISNIS INFORMASI menjadi favorit bagi banyak orang yang hanya punya sedikit modal atau bahkan tidak punya modal sama sekali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here