Hemat pengeluaran dan hidup tetap nyaman

0
948
Hemat Uang

Uang bisa dihemat dan hidup dapat lebih nyaman tentu menjadi keinginan banyak orang. Mau ? Berikut ini adalah beberapa tindakan utama yang harus Anda lakukan :

  1. Komitmen membangun kebiasaaan hidup. Mengubah apa yang sudah menjadi kebiasaan sehari-hari penuh tantangan. Orang yang ingin menurunkan berat badan atau ingin berhenti merokok banyak yang berhenti mencobanya sebelum mendapatkan hasil yang diinginkan. Sebuah kebiasaan tidak dibentuk dalam satu hari, melainkan melalui proses yang panjang, oleh karena itu untuk mengubahnya butuh komitmen dan kesabaran untuk melalui proses menghilangkan kebiasaan lama. Demikian juga jika Anda ingin hidup hemat, mulailah dengan langkah yang kecil terlebih dahulu, setelah itu baru ditingkatkan jumlah uang yang bisa dihemat.
  2. Penghasilan otomatis dipotong dan setor ke rekening tabungan. Ini adalah trik untuk memaksa kita membayar diri sendiri dengan uang tunai terlebih dahulu sebelum membayar orang lain. Dengan demikian uang yang tersedia untuk dibelanjakan otomatis berkurang (alias lebih hemat)
  3. Belajar dari orang yang sudah berhasil. Carilah orang disekitar Anda yang dapat memberikan Anda pendapat karena mereka terbukti telah berhasil melaluinya, atau setidaknya berkumpul dalam komunitas yang memiliki kepentingan yang sama mau hidup hemat untuk saling menyemangati.
  4. Tiang harus lebih besar dari pasak. Untuk memulainya Anda harus membedakan mana pengeluaran yang termasuk Kebutuhan (makanan, minuman, pakaian, rumah, kesehatan, pendidikan, transportasi, komunikasi) dan mana yang termasuk Keinginan (TV LCD, wisata, smartphone, motor, mobil). Belilah suatu barang jika butuh, bukan karena murah atau sedang ada diskon besar-besaran tapi sebenarnya Anda tidak butuh. Kalau penghasilan tidak bisa mencukupi kebutuhan, maka saatnya mencari penghasilan lebih.
  5. Kuasai teknik menantang diri Anda 1 menit. Ketika sedang ada di supermarket atau mall dan melihat ada barang yang menarik, langsung tantang diri Anda dengan 3 pertanyaan berikut : “Apakah saya memang butuh barang ini ? Apakah fungsi barang tersebut belum saya miliki saat ini ? Apakah harus beli sekarang dan adakah saat atau tempat lain yang lebih murah ?

“Ini adalah uang Anda, jika Anda tidak peduli, siapa lagi yang akan memperdulikannya ?”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here