Gaji besar tentu Anda mau kan ?

4
1388

Gaji besar tentu menjadi keinginan setiap karyawan. Setelah sebelumnya berhasil membuat surat lamaran yang berhasil menarik perhatian perusahaan dan mendapatkan panggilan interview, lalu sukses melewati proses interview dan diterima bekerja, kini saatnya Anda memberikan bukti kepada perusahaan, dan pastikan Anda tahu caranya.

Gaji besar berawal dari 90 hari pertama

Periode waktu 90 hari pertama bekerja di perusahaan / kantor baru adalah masa-masa terpenting yang menentukan keberhasilan langkah Anda berikutnya. Beberapa point utama yang harus mendapatkan perhatian kami uraikan di bawah ini.

Aktivitas Penting #1 :

Pelajari visi, misi, nilai-nilai penting yang dianut perusahaan, kebijakan, produk, layanan, keunggulan dan keterbatasan perusahaan di banding dengan kompetitor, dengan demikian Anda bisa mengetahui jika ada issue yang sedang berkembang dan dihadapi perusahaan saat ini.

Aktivitas Penting #2 :

Kenali gaya eksekutif dari semua level (supervisor sd jajaran direksi) dalam menjalankan tugas, memimpin anak buah, dan kultur kerja yang telah ada. Dengan mengenal karakter mereka, maka saat melakukan komunikasi, Anda sudah dapat mempersiapkan diri sebelumnya sehingga komunikasi akan lebih efektif.

Aktivitas Penting #3 :

Sebagai orang baru, ini adalah kesempatan terbaik untuk bertanya kepada atasan Anda langsung, apa hasil yang diharapkan dari pekerjaan yang Anda lakukan dan mintalah tips “Do & Dont’s” (yang boleh dan tidak boleh dilakukan). Pastikan Anda menindaklanjuti melalui tugas yang diberikan.

Aktivitas Penting #4 :

Jalin persahabatan dengan orang-orang di berbagai departmen. Usahakan ikut partisipasi jika perusahaan melakukan acara kebersamaan, termasuk bergabung dalam jaringan social media yang dibentuk oleh komunitas pekerja di perusahaan tersebut. Berinisiatif menunjukkan keramahan dan keinginan bekerja sama. Hal ini sangat penting, karena dalam penilaian hasil kerja (yang ujung-ujungnya berpengaruh kepada penentuan gaji), sering terjadi orang-orang di berbagai departmen akan ditanya oleh manajemen tentang kesan mereka terhadap Anda sebagai orang baru.

Aktivitas Penting #5 :

Pakai filosofi bekerja lebih banyak daripada berbicara. Sebagai orang baru, Anda harus mengamati untuk mempelajari terlebih dahulu, sehingga benar-benar paham atas suatu proses kerja, sebelum mengomentari atau mengubah sesuatu.

Aktivitas Penting #6 :

Datang kerja lebih awal dan pulang kerja lebih lambat dari yang lain. Ini adalah wajar, karena sebagai orang baru banyak yang harus Anda pelajari.

Aktivitas Penting #7 :

Pastikan Anda memberikan kontribusi yang positif sehingga atasan Anda dan departmen yang dipimpinnya terlihat bagus di mata direksi perusahaan.

Anda punya kesempatan terbaik dalam 90 hari pertama fokus melakukan ke-7 aktivitas di atas, dan gaji besar hanyalah tinggal menunggu waktu untuk mendapatkannya, yaitu saat dilakukan penilaian tahunan.

4 COMMENTS

  1. selamat sore pak…
    saya bosan jadi karyawan….saya ingin punya penghasilan dgn membuka usaha…
    yg menarik perhatian saya saat inii mungkin saya ingin bekerja dgn sistem online dimana saya bisa bekerja dirumah…
    pendidikan saya hanya sampai SMP lulus 2004 silam..
    tp pengalaman kerja saya sekitar 2-3 tahun jadi cash counter d Jne…
    menurut bapak…apa yg harus saya lakukan jika harus buka usaha sendiri ?
    dan apa baiknya saya mengambil paket C ?
    sekian dulu..
    terimakasih.
    email : kartika_mey@yahoo.com

    • Halo Titin, Pendidikan dasar mulai dari SD sampai dengan SMA adalah wajib, karena memberikan pondasi dasar cara dan wawasan berpikir. Ketika Titin ingin berbisnis, maka harus punya ide bisnis. Ide ini bisa diperoleh setiap orang di banyak tempat, dan ide bisnis hanya akan timbul jika seseorang MENGUBAH CARA BERPIKIR sehingga ketika melihat sesuatu yang biasa2 saja, karena cara berpikir yang sudah diubah maka akan menghasilkan ide2 kreatif yang memberikan solusi buat masyarakat. Jadi, tingkatkan pengetahuan dasar, latih ketrampilan, dan latih kejelian melihat peluang usaha. Saya doakan Titin sukses ya. Amin

  2. Mlm pak…rencana saya mau resent dari perusahaan tempat sy bekerja.sy ingin bekerja sambil ngurus anak.sy bkn org yg ahli dlm berdagang pak.pengalaman krja sbg sekretaris selama 5,5thn.usaha apa y pak yg bisa sy tekuni yg cocok dgn basic yg sy miliki.

    • Semangat pagi ! Setiap orang selalu ada hari pertama di profesi atau tempat baru. Asal mau belajar dan menguasai kebiasaan baru, maka hampir semua bidang profesi bisa dijalankan setiap orang. Mulailah dengan mengubah cara berpikir dan bertindak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here