Cara punya banyak uang sejak usia muda

0
1148
Kaya di usia muda

Hidup Anda akan semakin mudah atau sulit sangat dipengaruhi oleh keputusan keuangan di usia 20-an. Pada tahap usia ini Anda memiliki daftar kebutuhan yang sangat panjang (terlebih jika berbicara keinginan) sementara penghasilan masih sangat sedikit. Oleh karena itu, Anda perlu membangun pondasi keuangan yang kokoh sedini mungin. Berikut ini adalah 10 urutan prioritas mulai dari hal terpenting yang harus Anda lakukan sedini mungkin jika ingin hidup enak.

  1. Pengembangan Diri. Sebelum berbicara tentang pengeluaran, maka point terpenting adalah bagaimana Anda mendapatkan penghasilan besar secepatnya, terus bertambah dan diterima secara terus menerus. Bangun karir dan bukan hanya sekedar kerja, itu yang harus menjadi target utama. Anda tentu tidak ingin menghabiskan seluruh hidup hanya bekerja pada satu tempat kan ? Oleh karena itu rencanakan pengembangan karir Anda. Banyak belajar, amati dan tiru strategi orang-orang yang sudah sukses. Bangun profil profesionalisme Anda termasuk tampilan profil di dunia social media, sehingga masyarakat luas mengetahui kualitas diri Anda.
  2. Susun Anggaran. Tidak punya rencana berarti sudah punya rencana untuk gagal. Anda harus memiliki peta uang masuk dan uang keluar, dan punya komitmen untuk melakukan semua yang telah direncanakan.
  3. Lindungi apa yang telah Anda miliki. Ini adalah periode Anda sedang membangun pondasi keuangan dan sedang mengumpulkan uang. Ketika sedang membangun sesuatu sebaiknya tidak boleh ada gangguan sama sekali. Namun karena kita hidup di dunia yang tidak sempurna, segala resiko (sakit, kecelakaan, atau diri kita ditarik dari peredaran di dunia ini terlalu singkat) mungkin terjadi. Pastikan ada dana talangan dari masyarakat melalui perusahaan asuransi yang telah tersedia buat Anda, sehingga dana milik Anda pribadi terlindungi.
  4. Punya hutang ? susun jadwal penyelesaian secepatnya. Bayarlah hutang dengan beban bunga tertinggi.
  5. Miliki dana darurat. Ada perlu uang tunai di situasi darurat untuk memperbaiki suatu peralatan yang rusak, mengalami kecurian, dll. Miliki dana darurat di bank setidaknya 3 sd 6 kali penghasilan bulanan. Saat menerima bonus tahunan, THR hari raya adalah kesempatan terbaik untuk menyisihkan ke pos dana darurat.
  6. Simpan untuk uang muka rumah. Memiliki rumah sendiri selain memberikan keuntungan jangka panjang dengan naiknya harga rumah, juga memberikan keuntungan psikologis yang baik untuk pertumbuhan anak, ada kenangan untuk ikatan keluarga yang lebih baik. Jika nanti sudah punya rumah sendiri, ini juga akan sangat membantu untuk membuat keputusan keuangan lainnya.
  7. Simpan untuk dana sekolah atau kuliah anak. Jika Anda adalah pasangan baru, maka ini adalah waktu yang terbaik untuk menyiapkannya. Contoh dengan menyisihkan Rp. 10.000,- per hari dengan bunga bank 3% per tahun, maka dalam 6 tahun sudah terkumpul uang Rp. 23.000.000,-
  8. Simpan untuk dana pensiun. Biaya hidup selalu ada, meski penghasilan Anda ada atau tidak. Oleh karena itu adalah tindakan bijak menyisihkan dana untuk kebutuhan saat pension sehingga tidak tergantung pada anak kita. Ingat lho bahwa anak kita nantinya juga punya keluarga dan punya beban hidup sendiri, sehingga jangan sampai kita memberi beban tambahan buat Anak kita.
  9. Mulai berinvestasi. Untuk kebutuhan dana jangka panjang seperti dana pendidikan atau pensiun, sebaiknya diinvestasikan. Lihat kembali contoh point 7 saat mempersiapkan dana pendidikan anak. Jika diinvestasikan Rp. 300.000 per bulan dengan hasil 11% per tahun maka dalam 6 tahun dana yang terkumpul adalah Rp. 30.000.000,-
  10. Kepemilikan kendaraan. Jangan memaksakan beli kendaraan baru jika belum siap. Mulai dari membeli kendaraan bekas adalah awal yang baik (untuk beli kendaraan bekas, sebaiknya Anda punya kenalan montir untuk diminta bantuan cek kondisi kendaraan bekas tersebut). Pakai selama mungkin, sementara siapkan dana untuk membeli motor / mobil yang baru. Ingat tujuan utama adalah untuk transportasi dan kemudahan melakukan perjalanan ke tempat kerja, bukan gaya hidup agar dilihat wah oleh orang lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here