Cara menyusun rencana yang powerful

0
826
Rencana

Pada tahun 1953, sekelompok peneliti Universitas Yale melakukan survey untuk mengetahui seberapa banyak lulusan pada tahun tersebut yang mempunyai dan menulis goal secara jelas tentang kondisi hidup masa depan yang mereka ingin miliki. Ternyata hanya 3% yang punya goal secara terperinci. Dua puluh tahun kemudian, dilakukan pengumpulan data atas lulusan tahun 1953, dan di dapatkan fakta bahwa 3% almamater yang memiliki goals mengumpulkan kekayaan finansial lebih banyak dari yang dikumpulkan oleh 97% !

Fakta di atas menunjukkan bahwa :

  • Menyusun goal terbukti efektif membantu orang meraih sukses
  • Namun banyak orang tidak memanfaatkan goal

Setiap hari, semua orang mengambil keputusan, mulai dari keputusan untuk bangun jam berapa di pagi hari, sarapan apa, pakaian yang akan dikenakan, apa yang akan dilakukan hari ini, dan masih banyak lagi. Kita semua memang bebas mengambil keputusan, namun akibat yang ditimbulkan dari keputusan yang sudah diambil tidak bebas. Misalnya, saat makan di foodcourt, kita memang bebas memilih makanan, dan akibat dari memilih sebuah menu makanan itulah yang tidak bebas, artinya harus membayar harga sesuai dengan makanan yang diambil.

Demikian juga dengan goal, setiap orang bebas untuk memiliki goal atau tidak, tapi akibat yang ditimbulkan jika tidak memiliki goal adalah jelas, seperti yang telah dilaporkan pada penelitian di atas. Dengan memiliki goal, maka Anda memiliki petunjuk arah yang jelas, memberikan semangat hidup, dan memastikan yang Anda dapat persis sama seperti yang Anda mau.

Tentukan apa yang Anda mau

Ini adalah tahap awal terpenting. Anda harus punya sesuatu yang sangat ingin Anda wujudkan. Keinginan ini bukan keinginan orang lain, juga bukan sesuatu yang menurut Anda “seharusnya anda juga punya keinginan, seperti yang orang lain punya”. Apa yang Anda mau harus benar-benar berasal dari keinginan dalam hati Anda. Pilih cukup satu hal (jangan lebih) sehingga dapat lebih fokus.

Mengapa Anda harus mewujudkan goal itu

Pada tahap ini, Anda wajib menemukan semua alasan terpenting, mengapa Anda harus mewujudkan goal itu.

Anda harus bersedia membayar harga

Tidak ada yang gratis di dunia ini, seorang pengemis saja harus melakukan aktivitas untuk mendapatkan sesuatu. Jika kita ingin mewujudkan goal, maka ada hal-hal yang harus dilakukan sebelumnya.

Jawab dan tantang diri Anda dengan pertanyaan : apa saja yang telah Anda lakukan dengan waktu 24 jam sehari, apakah ada porsi uang yang dialokasikan untuk ikut program pengembangan diri, ke arah mana fokus energi Anda diarahkan ?

Menyusun goal yang inspiratif

SMARTEST goals 2013 adalah perkembangan terakhir proses goal setting :

  • Specific – harus jelas menyatakan apa yang ingin diraih, mengapa menginginkan, siapa yang melakukan, apa yang harus dilakukan, dimana, dan kapan.
  • Measurable – dapat diukur, melalui bukti yang dapat Anda ataupun orang lain lihat, dengar, dan rasakan saat goal diraih.
  • Achievable – cek realita, bahwa goal Anda memang dapat diraih.
  • Resources – cek sumber daya yang sudah Anda miliki dan yang akan Anda miliki. Ini adalah kumpulan daftar bukti, bahwa Anda memang memiliki kemampuan dan peluang besar untuk mewujudkan goal.
  • Timing – Anda membuat keputusan tentang tanggal penyelesaian, dan kapan Anda menginginkan goal itu terwujud.
  • Effect – ini adalah tahap untuk mengecek seluruh dampak positif dan negatif yang berpotensi muncul saat berada dalam proses mewujudkan goal. Tujuannya adalah supaya Anda sudah mengantisipasi apa saja yang mungkin terjadi, dan memiliki langkah alternatif.
  • Strategy – apa saja langkah-langkah kecil, jalur yang anda ambil dan lalui, meski belum sempurna, yang harus dilakukan hari ini untuk merealisasikan goal. Dengan kata lain, ini adalah “Action Plan” (Rencana Tindakan)
  • Truthfully – langkah ini adalah untuk mengecek sekali lagi tentang Goal terpenting yang sudah Anda pilih, bahwa adalah benar dibangun berdasarkan hasrat dan keinginan Anda.

Hampir setiap orang mengetahui atau setidaknya pernah diberi tahu pentingnya membuat goal secara serius dan benar, namun hampir setiap orang pada saat yang sama mengabaikannya. Apakah tahun depan akan sama saja dengan tahun-tahun sebelumnya (kecuali umur Anda bertambah satu tahun menjadi lebih tua) atau Anda memutuskan bahwa tahun depan harus menjadi tahun dengan sukses besar !

“Hanya Anda yang bisa mengubah nasib Anda, dan saat keputusan dibuat adalah saat dimana nasib Anda ditentukan !”

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here