MLM sebenarnya bagus atau tidak ya ?

0
548

Bisnis dengan model yang satu ini memang selalu menarik untuk dibahas karena banyak pendapat pro dan kontra yang terjadi di masyarakat.

MLM (Multi Level Marketing alias Marketing Lewat Mulut). Apa yang langsung terpikir di benak Anda ketika mendengar kalimat itu ? Banyak orang berpikir kesempatan besar untuk membuat uang dan pensiun dini, sementara yang lain banyak juga yang langsung berpikir penipuan piramida atau skema binary. Perusahaan dengan sistem pemasaran MLM memang sah dan cara yang bagus untuk mendapatkan uang tambahan. Bahkan dengan munculnya internet, saat ini telah menjadi mungkin untuk menjalankan MLM secara online.

Alasan ada orang tidak mempercayai dunia MLM diantaranya adalah bahwa mereka bergabung dengan tujuan yang tidak realistis (target yang terlalu besar dan ambisius), mereka pikir bisa menjadi kaya dalam semalam dan hanya perlu duduk manis di rumah. Tidak ada yang salah juga sih jika orang berpikir bisa kaya dengan cepat, karena terkadang iklan atau orang yang sedang menjelaskan bisnis MLM memang menyampaikan bisa kaya dengan cepat, dan pemahaman tiap orang adalah berbeda. Yang terpenting adalah, kita semua harus meneliti dari berbagai sumber apakah perusahaan tersebut legal dan konsep bisnis yang ditawarkan bukan penipuan.

“Cari sistem bisnis tanpa wajib beli apapun saat bergabung, tanpa harus bayar biaya keanggotaan, dan yang paling penting tetap memberikan penghasilan, meski Anda termasuk semua (Baca sekali lagi…) SEMUA downline sedang BT alias ngambek alias malas alias mogok kerja satu tahun atau bahkan lebih !”

Meski Multi-Level Marketing adalah sistem pemasaran yang sah dan cara bagus mendapatkan penghasilan tambahan, di bawah ini adalah hal-hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum bergabung, agar bisa hidup tenang dan nyaman :

  • Pastikan ada produk yang ditawarkan. Jika Anda harus membayar untuk bergabung dan mengajak orang lain melakukan hal yang sama, maka ini bukan MLM tapi money game dan ilegal (dilarang secara hukum) !
  • Hati-hati dengan janji iklan “Bisa kaya dengan sangat cepat dan mudah”. Ingat bahwa dalam bisnis ada proses. Seseorang tidak bisa langsung jadi kaya dalam semalam !
  • Tujuan bergabung di sebuah bisnis adalah untuk mencari uang BUKAN mengeluarkan uang. Jadi pilih bisnis yang saat bergabung tidak harus keluar uang untuk beli atau bayar apapun juga. Dapat uang saja belum, kok harus keluar uang ??? Capek deh !
  • Perhatikan kualitas dan manfaat produk yang ditawarkan, jangan produk abal-abal. Produk yang bagus harus memberikan bukti, garansi, perlindungan dan layanan konsumen.
  • Jangan menawarkan produk yang harganya jadi mahal karena di dalam harga barang tersebut sudah ditambah komisi / bonus agen. Ini berbicara hati nurani, kita harus bantu masyarakat agar bisa hidup hemat sesuai kebutuhannya, bukan membuatnya membeli barang yang lebih mahal dan dikatakan akan “lebih murah” jika jadi member ?
  • Pastikan ada REAL PASSIVE INCOME. Kalau penghasilan Anda masih selalu tergantung ada yang menjual (baik diri Anda sendiri, seseorang yang lain, atau downline Anda) maka itu adalah tetap disebut Active Income (meski tidak Anda langsung yang menjual tapi seseorang yang lain). Passive income adalah Anda tetap mendapat penghasilan, meski Anda dan seluruh downline Anda (atau siapapun) tidak ada yang melakukan penjualan, dan di sisi lain juga tidak ada pelanggan yang melakukan order pembelian baru.

Jadi, model bisnis terbaik yang akan Anda bangun harus memperhatikan point di atas. Saya pribadi, karena penghasilan di bisnis MLM saat ini umumnya masih tergantung pada downline atau seseorang (atau apapun istilah yang disebut sehingga belum memenuhi kriteria REAL PASSIVE INCOME) untuk tetap menjual dan harga barang di dalamnya sudah mengandung komisi penjual (saya tidak tega mengajak seseorang membeli sesuatu yang “lebih mahal” sehingga biaya hidup orang itu bertambah), maka saya lebih suka memilih model bisnis ePARTNERSHIP yang memenuhi semua kriteria tersebut di atas karena memberikan REAL PASSIVE INCOME dan tidak membuat biaya hidup orang lain bertambah (tapi bahkan sebaliknya biaya hidup menjadi lebih hemat/berkurang). Ingin tahu lebih lanjut seperti apa ePARTNERSHIP, silahkan klik BISNIS INFORMASI untuk mempelajarinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here