Bayar diri sendiri sebelum bayar orang lain

0
919
Uang

Apa hal pertama yang Anda lakukan ketika menerima penghasilan, baik dari hasil kerja, bisnis atau kegiatan lainnya ? Bayar cicilan ? Beli pakaian model terbaru ? Beli HP baru ? Ada sisa ? Jika tidak maka Anda hanya jadi seperti kasir, karena uang hanya numpang lewat. Ya betul sih, Anda memiliki atau menerima barang yang Anda beli, tapi yang pasti jika pola seperti itu yang dipakai, maka membuat Anda tambah miskin, mengapa ? karena hal berikut ini : bahwa barang baru yang sifatnya untuk dikonsumsi jika sudah dibeli jadi barang bekas, keinginan Anda (yang mana selalu tidak terbatas) dan harga barang (dimana kenaikan harganya diluar kendali Anda) membutuhkan uang dengan kenaikan yang berkali-kali lebih cepat dari kenaikan penghasilan. Itulah mengapa, hal yang sangat jelas terlihat dari orang yang profesinya sebagai karyawan, meski mendapatkan kenaikan gaji hanya membuat mereka gembira beberapa bulan, setelah itu biasa-biasa saja dan situasi darurat muncul kembali. Pernah merasakan hal seperti itu ? Saya pernah… 15 tahun selama jadi karyawan !

“Anda tidak akan punya uang, kalau tidak pernah bayar uang tunai buat diri sendiriĀ  !”

Anda sudah bekerja keras setiap hari untuk mendapatkan uang, jadi sudah selayaknya Anda membayar uang tunai dan simpan untuk diri sendiri.

Seseorang yang punya penghasilan Rp. 7 Juta per bulan tidak menjamin pasti lebih kaya dari orang yang penghasilannya Rp. 5 Juta per bulan. Memiliki penghasilan adalah awal yang bagus, tapi bagaimana menyusun prioritas menggunakannya, ini yang jauh lebih penting. Pernah lihat atau dengan berita orang kaya jadi miskin kan ? Meski penghasilan sudah benar tapi cara menggunakannya salah, maka nasibnya juga akan salah !

Jadi mulai hari ini, jika terima uang dari kerja atau bisnis silahkan mulai potong dulu untuk bayar ke diri Anda dan simpan. Mulai dari jumlah kecil yang nyaman saja, misalkan 5% dari penghasilan lalu sedikit demi sedikit ditingkatkan. Kalau uang Anda habis untuk bayar cicilan TV, Gadget, Wisata dan keinginan lainnya, maka Anda hanya jadi kasir buat orang lain (alias uang cuma numpang lewat dari kantong Anda).

Jadi… sudahkah Anda membayar diri Anda yang sudah bekerja keras ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here